Wednesday, July 12, 2006



MUSISI JENIUS ITU BERNAMA DHANI

Nama Ahmad Dhani tentunya tidak asing lagi bagi orang Indonesia, khususnya bagi mereka yang suka musik. Dia memang termasuk salah satu hits maker yang sangat diperhitungkan di dunia musik Indonesia. Bersama grup bandnya, Dewa, Dhani sudah lama bergelut mewarnai musik Indonesia.

Lagu-lagunya banyak yang menjadi hits. Dialah motor Dewa. Banyak yang mengagumi atau menghujatnya. Ya...menghujat karena Dhani seringkali membuat pernyataan-pernyataan kontroversial ketika berhadapan dengan wartawan. Bisa jadi ini memang sudah menjadi karakternya yang luar biasa "ngomong apa adanya" sehingga terkesan arogan, atau mungkin juga sebenarnya trik. Ya...trik untuk tetap jadi yang terdepan (seperti slogan motor Yamaha yang dinyanyikannya, red) di dunia musik pop tanah air.

Kurang lebih lima belas tahun Dhani mewarnai musik Indonesia, namanya terus menyeruak di tengah hiruk-pikuknya band-band dan penyanyi baru. Dan justru di tengah situasi seperti itu, dengan pongahnya dia menyebut band-band lain seperti Padi, Sheila on 7, Radja, (www.tembang.com), tidak inovatif seperti diri (band)- nya.

Ketertarikannya pada dunia sufi banyak mempengaruhi hidupnya. Dari nama-nama tiga anaknya saja sudah terbaca dengan jelas, ada Jalaluddin Rumi, dan Abdul Qodir Jaelani. Belum lagi syair-syair lagu yang ada di album Cintailah Cinta dan Laskar Cinta. Hampir semuanya bertema sufistik. Hanya saja dia padukan dengan musik pop ala Indonesia (ala Dewa). Jadinya? Tentu sebuah syair cinta yang tidak njlimet, mudah dicerna, yang dibalut dengan musik rapi khas Dewa. Jenius kan si Dhani?

Terlepas dari sikap dan omongannya yang kontroversial, Dhani memang sebuah aset bagi berkembangnya musik tanah air. Dengan memadu-madukan masterpieces syair dan musik yang pernah ada di jagat ini, dia berhasil menjelma sebagai sosok yang disegani kalangan musisi dan pers musik. Masih ingat kasus komentarnya ketika menghadiri SCTV music Awards? Waktu itu dia bilang grupnya (Dewa, red) dapat penghargaan karena mereka hadir waktu itu. Pernyataan ini tentunya bisa membuat kuping para juri panas. Tapi, ya sekali lagi itulah Dhani Ahmad Manaf, alias Ahmad Dhani, yang memang bengal, pongah, tapi jenius dalam industri musik. Sampai ketemu Dhan...

No comments: